Poetripalupi's Blog

Just another WordPress.com weblog

PINTAR DENGAN TIDUR SIANG..??? EMANG BISA..???

Tidur Siang,,Aku paling suka dengan yang namanya “Tidur Siang”. Maklum,, walaupun sebentar, pasti pas bangunnya agak segeran. Bener gak..?

Rupanya, ada penilitian yang mengungkapkan kalo kita nyempetin sebentar aja tidur siang dan tidurnya sampe lelap banget, ternyata bisa ngedongkrak kapasitas belajar otak secara dramatis. Walaupun cuma makan waktu sejam, sanggup ningkatin kemampuan otak untuk mengetahui fakta – fakta baru di jam – jam berikutnya. Dan sebaliknya nich,, kalo aja kita sering melek tanpa adanya istirahat, maka bersiaplah jadi orang lemot di jam – jam berikutnya.

Penelitian ini sekedar ngedukung hasil- hasil sebelumnya. Di mana kalo begadang semalaman bisa ngurangin kemampuan menyerap hal – hal baru ke otak sebanyak 40%. Penyebabnya karena ada bagian- bagian otak yang tertutup selama kehilangan waktu tidur (istirahat).

Banyak lho tokoh – tokoh penting dunia yang dapa julukan “Tukang Tidur Siang”. Diantaranya nich,, ada Mantan Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher. Dia pernah bilang waktu tidurnya cuma 4 jam semalam dan 1 jam di waktu siang.

Lalu Mantan Presiden Amerika Bill Clinton yang sering nyempetin tidur siang selama setengah jam abis makan siang. Orang –orang eksklusif ini memerlukan memori yang jernih dalam waktu singkat saat kembali untuk bekerja.

Tidur siang diibaratkan inbox e-mail di hippocampus(bagian otak besar). Kalo penuh dan gak tidur lalu ngebuang e-mail yang baru dong. Sama halnya dengan otak aja. Kalo kepenuhan akan bikin otak penat. So, sempetin tidur siang biar otak balik kesegarannya dan yang paling penting jangan lupa belajar supaya pinter . . . . .

(Sumber: Tabloid Gaul,edisi 08/Kompas.com)

Mei 12, 2010 - Posted by | Uncategorized | , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: